Cara Memilih Palet Warna yang Efektif Untuk Blog

Wednesday, October 7, 2020

Tau soal branding? Buat yang masih abu-abu soal branding, jadi branding itu adalah keseluruhan konsep tentang siapa kamu dan bagaimana kamu pengen terlihat di luar sana, dengan membuat karya untuk dikenal oleh orang lain. Nah, kali ini saya pengen ngejelasin salah satu cara branding yang mungkin selama ini buat kamu stuck, yaitu dengan memilih color palette atau palet warna untuk website atau blog.


Jujur aja, selama bertahun-tahun, saya udah banyak membuat perubahan warna di blog saya. Sebelumnya saya selalu merasa ga pernah benar-benar memilih palet warna yang oke di blog saya. Saya cuman nyiapin desain baru dengan warna apa pun yang saya suka saat itu, tapi jatuhnya ga pernah benar-benar berhasil. Warna yang saya pakai jadi ga sesuai dengan konten postingan, bahkan kesannya jadi ga bisa nentuin siapa saya sebagai blogger.

Tahun lalu akhirnya saya mutusin untuk ngerombak Yanikmatilah Saja dan mengubah color palette-nya. Meskipun sebenarnya ga baik kalau terlalu sering ngubah tampilan blog, tapi saya selalu merasa kalau memang kamu perlu mengubah tampilannya, ya lakukan aja. Apalagi kalau warnanya dirasa ga tepat, mengubahnya bisa jadi membuat tampilan blogmu jadi lebih segar dan kamupun jadi lebih semangat ngeblog.

Oke, langsung aja. Jadi saya pengen kamu juga punya palet warna yang keren untuk blog/ website kamu sendiri. Berikut caranya:

1. Temukan Foto yang Disukai

Hal pertama yang kamu perluin adalah menemukan foto yang menginspirasi. Bisa jadi foto itu adalah foto blog kamu sendiri, atau foto yang kamu suka di Instagram, atau foto yang kamu lihat di Pinterest. Pokoknya sih, itu harus mencakup semua tentang kamu dan blogmu. Seluruh vibe, warna, dan feeling yang ditimbulkan harus bisa ngewakilin kamu.

2. Buka di Adobe Color CC

Adobe Color adalah situs web yang menyediakan pembuatan palet warna yang modelnya sederhana banget. Buka Adobe Color CC dan klik ikon kamera kecil di sudut kanan atas. Buka foto yang kamu pilih, dan secara otomatis palet warna dengan warna-warna terbaik dari fotomu akan muncul!

Ada kotak 'Color Mood' di sudut kiri atas, di mana kamu bisa mengklik setiap opsi untuk melihat palet warna lain yang dibuat untuk kamu dari foto yang sama.

3. Sempurnakan Paletmu

Sekarang setelah kamu punya palet warna yang kamu suka, screenshot halamannya, crop paletnya, dan buka di Photoshop atau situs edit gambar gratis seperti Canva.

Kalau palet warnamu ga ada warna netral di dalamnya, kamu harus menambahkannya. Saya saranin seenggaknya ada satu warna netral, atau dua. Saya sendiri cenderung milih hitam dan abu-abu (putih ga perlu). Saya suka nambahin warna hitam karena itu biasanya untuk warna logo dan teks.

---

Selesai! Sekarang kamu punya palet warna sendiri untuk blogmu. Jadi, setiap kali kamu mau mengubah warna desain blog, seperti warna sidebar, drop down menu, atau warna link, kamu jadi tahu persis warna apa yang akan kamu gunakan. Kalau kamu butuhkan nilai hex (mis. #FFFFFF) warna dari palet (dan kamu ga punya Photoshop), cukup upload ke Image Color Picker dan klik setiap warna untuk mendapatkan kodenya.

Kamu bisa gunain palet warna ini di seluruh blogmu, di social media, di setiap grafik yang kamu buat. dan dalam variasi logomu.

Saya jadi pengen banget lihat palet warna kamu nih! Hehe.

Post a Comment

Yanikmatilah. Belongs to Suryani Palamui.